Penggunaan sistem PRTG

Dalam NMS (Network Monitoring Sistem ) ada sebuah aplikasi yang di pakai untuk mengetahui pemakaian / traffic yang dpakai oleh perangkat dalam skala perhitungan hari, minggu, bulan, dan tahun. Berikut adalah penjelasan tentang PRTG

Pengertian PRTG (Paessler Router Traffic Grapher)

PRTG : Alat Pemantau Jaringan

Melakukan monitoring utilisasi jaringan pada PC Anda sangat penting dilakukan belakangan ini. Pasalnya virus, trojan, backdoor, spamming, addware, spyware, dan banyak lagi gangguan tidak pernah diundang datang menghantui PC dan jaringan Anda.
Koneksi Internet menjadi lambat, print server tidak mau diakses, sharing file tidak berjalan lancar, dan banyak lagi akibat buruk lain. Untuk itu, melakukan monitoring terhadap utilisasi jaringan pada PC Anda sangatlah perlu dilakukan.

 Umumnya dalam suatu perusahaan kita harus memantau bandwidh yang terpakai, dengan software ini kita dapat meng-akumulasikan pemakaian bandwidh dalm hitungan hari, minggu, bulan, dan tahun. (pilih aje kebutuhan agan yang mana )

Langsung aje gan ane mau ngulas sedikit tentang pemakaian PRTG ini

1. jalankan program PRTG. (biasa klw belom punya download dlu Heheheh)
apabila agan mau bikin pertama kali pada aplikasi PRTG ini langsung aja klik - click here to first sensor

setelah keluar jendela pengaturan klik next, lalu pada Data acquision type pilih - SNMP lalu next,

padaSNMP sensor selection pilih -Standar traffic sensor,


 lalu pada device selection agan masukan Device name ( seterah agan ), dan IP address ( sesuai dengan IP perngkat'a) ,



dan pada SNMP community string samakan dengan perangkat lain ( pengaturannya tersserah agan )

Dikarenakan ane gak ada perangkat yang connect ane jelasin dengan tulisan aja yak
- untuk menggunakan jendela kerja, pada taskbar di atas jendela kerja ada icon -add agan klik aja dan masuk'in nama perangkat, IP address, dan community-nya

- dalam pemilihan jangka waktu pengecekan agan bisa lakukan di sub menu -report yang ada di sebelah kiri jendela kerja, disini agan bisa mantau bandwidh dari skala perhari, minggu, bulan, dan tahun

- kalau udah di pilih ( misalkan perhari ), agan tinggal tunggu aja di hari esok pasti sudah muncul grafik bandwidhnya

oke sekian dari ane maaf klw kurang gambar dalam tutorialnya ( soalnya ane gak punya perangkat yang bisa si connect gan hehehe)

Terima kasih kepada :
1. ID-Networks ( tempat ane nyoba PRTG pake perangkat )
2. Mas Ahmad dan Kak Joanna ( yang ngajarin ane )
3. Gusti Mbah Google

1 comment:

  1. saya ingin bertanya tentang prtg kebetulan saya sedang melakukan skripsi dengan aplikasi ini, apakah ada kontak yg bisa dihubungin ada yang mau saya tanyakan ? terimakasih

    ReplyDelete